RENUNGAN

Tujuan Hidup Sesungguhnya adalah mengabdi kepada-NYA

RUBRIK PENGETAHUAN

Biaya adalah kas atau nilai ekuivalen kas yang dikorbankan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diharapkan memberi manfaat saat ini atau masa yang akan datang bagi organisasi

Minggu, 12 Oktober 2014

AKUNTANSI KEJUJURAN

Akuntansi yang dipahami selama ini adalah akuntansi sebagai instrumen pelaporan keuangan  saja.
Instrumen  dalam melakukan pencatatan hingga pelaporan atas berbagai transaksi keuangan seringkali berpotensi disalah-gunakan, baik untuk memenuhi kepentingan manajer atau kepentingan mengelabuhi pemerintah dalam pembayaran pajak. Munculnya manajemen laba dan tindakan fraud itu disebabkan karena terlalu sempit kita memaknai akuntansi. Ketika akuntansi hanya dimaknai sebagai instrument saja, maka akuntansi akan kehilangan ruhnya.

Ada nilai-nilai yang terkandung dalam akuntansi. Nilai-nilai kejujuran, Nilai keikhlasan, nilai kesabaran, nilai keterbukaan dan nilai anti korupsi. Nilai-nilai inilah yang senantiasa diperjuangkan oleh seorang akuntan. Terbukti dari sekian banyak transaksi yang terjadi, kalau tidak terdokumentasi maka akan menimbulkan banyak persoalan, tentunya persoalan kecurangan dan sebagainya. Pelaporan keuangan merupakan komitmen dari entitas untuk menyajikan berbagai transaki yang terjadi apa adanya, ada nilai kejujuran dan akuntablitas dalam pelaporan itu, sehingga tidak berlebihan kalau saya mengatakan bahwa akuntansi memberikan kontribusi besar dalam menyemaikan nilai kejujuran di muka bumi ini. Namun ketika akuntansi tidak menyatu dengan nilai kejujuran yang dititipkan Tuhan dalam diri manusia, maka akuntansi akan kehilangan energi positifnya. Karena nilai kejujuran yang ada pada diri manusia memiliki kohesifitas dengan akuntansi.

0 komentar:

Posting Komentar