RENUNGAN

Tujuan Hidup Sesungguhnya adalah mengabdi kepada-NYA

RUBRIK PENGETAHUAN

Biaya adalah kas atau nilai ekuivalen kas yang dikorbankan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diharapkan memberi manfaat saat ini atau masa yang akan datang bagi organisasi

Selasa, 05 Februari 2013

LAPORAN POSISI KEUANGAN (Statement of Financial Position) - IFRS

Menyajikan informasi mengenai aktiva, kewajiban, dan ekuitas pemegang saham, laporan posisi keuangan merupakan dasar untuk menghitung tingkat pengembalian dan mengevaluasi struktur modal perusahaan. Informasi dalam laporan posisi keuangan juga dapat digunakan untuk menilai resiko perusahaan dan arus kas masa depan.
Resiko mengekspresikan ketidakpastian kejadian, transaksi, keadaan dan hasil operasi perusahaan di masa depan.
Dalam hal ini, laporan posisi keuangan dapat dimanfaatkan untuk menganalisis likuiditas, solvensi, dan fleksibilitas keuangan perusahaan.

Likuiditas menguraikan “jumlah waktu yang diperkirakan akan dibutuhkan sampai suatu aktiva terealisasi atau sebaliknya dikonversi menjadi kas atau sampai kewajiban dibayar. Rasio ini mengindikasikan apakah perusahaan akan memiliki sumberdaya untuk melunasi kewajiban lancarnya dan yang akan jatuh tempo. Demikian juga, pemegang saham menggunakan likuiditas untuk mengevaluasi kemungkinan deviden di masa depan atau pembelian kembali saham. Secara umum semakin tinggi likuiditas, semakin kecil resiko kegagalan perusahaan.

Solvensi mengacu pada kemampuan perusahaaan untuk membayar hutang-hutangnya pada saat jatuh tempo.

Likuiditas dan solvensi mempengaruhi fleksibelitas keuangan, yang mengukur kemampuan perusahaan mengambil tindakan yang efektif untuk mengubah jumlah dan pendapatan waktu arus kas sehingga bisa bereaksi terhadap kebutuhan dan peluang yang tak terduga. Secara umum semakin tinggi fleksibilitas keuangan, semakin kecil resiko kegagalan perusahaa

Laporan Posisi Keuangan memiliki keterbatasan seperti jenis laporan keungan yang lain,  antara lain : (Pertama) Aktiva dan kewajiban dicatat pada biaya historis. Sebagai hasilnya, informasi yang dilaporkan dalam laporan posisi keuangan sering dikritisi karena tidak melaporkan nilai wajar yang relevan. (Kedua) Pertimbangan dan estimasi harus digunakan untuk menentukan berbagai pos yang dilaporkan dalam laporan posisi keuangan. (Ketiga) Laporan posisi keuangan perlu mengabaikan banyak pos yang merupakan nilai keuangan bagi perusahaan tetapi tidak bisa dicatat secara objektif.

Klasifiasi dalam laporan keuangan dengan mengelompokkan pos-pos yang memiliki karakteristik serupa dan memisahkan pos-pos yang mempunyai karakteristik berbeda akan membantu para analis.

Aktiva dan kewajiban yang memiliki karakteristik likuiditas umum yang berbeda.
Aktiva yang berbeda jenis atau fungsi yang diharapkan dalam operasi sentral atau aktivitas lainnya harus dilaporkan sebagai pos terpisah. 
Kewajiban yang berbeda dalam jumlah dan waktu. Misalnya Royal Aholds harus melaporkan hutang secara terpisah dari kewajiban pensiun.
    
    Dalam Laporan Posisi Keuangan terdapat beberapa unsur, yaitu Aktiva, kewajiban dan Equitas. Berikut penjelasan mengenai ketiga unsur tersebut. 
     
    Aktiva merupakan Manfaat ekonomi yang diperoleh di masa depan atau dikendalikan oleh entitas  tertentu sebagai hasil dari transaksi atau kejadian masa lalu
     Kewajiban merupakan Pengorbanan  manfaat ekonomi yang mungkin terjadi di masa depan yang berasal dari kewajiban berjalan entitas tertentu untuk mentransfer aktiva atau menyediakan jasa kepada entitas lainnya di masa depan sebagai hasil dari transaksi atau kejadian masa lalu.
    Ekuitas merupaka Kepntingan residu dalam aktiva sebuah entitas setelah dikurangi dengan kewajiban-kewajibannya. 

Aktiva Lancar
Aktiva lancar adalah kas dan aktiva liannya yang diharapkan akan dapat dikonversi menjadi kas, dijual, atau dikonsumsi dalam satu tahun atau dalam satu siklus operasi. Siklus operasi adalah waktu rata-rata antara akuisisi bahan dan perlengkapan dengan realissasi kas melalui penjualan produk. Siklus ini bermula dari kas, persediaan, produksi, dan piutang, lalu kembali lagi ke kas. Jika terdapat lebih dari satu siklus operasi dalam satu tahun, maka yang digunakan sebagai patokan adalah periode satu tahub. Jika siklus operasi lebih panjang dari satu tahun, mka yang digunakan adalah periode yang lebih lama.
Lima pos penting dari aktiva lancar adalah kas, investasi jangka pendek, piutang, persediaan, dan pembayaran dimuka. Kas dilaporkan pada nilai wajar, investasi jangka pendek umumnya dilaporkan pada nilai wajar, piutang usaha ditetapkan pada estimasi jumlah yang dapat ditagih, persediaan umumnya dilaporkan pada mana yang terendah antara biaya atau harga pasar, dan pos-pos dibayar dimuka dinilai pada biaya.
Pos-pos di atas tidak dianggap sebagai aktiva lancar jika hal itu diperkirakan tidak akan terealisasi menjadi kas dalam satu tahun atau dalam satu siklus operasi. Sebagai contoh, kas yang dibatasi untuk tujuan di luar pembayaran kewajiban lancar atau untuk digunakan dalam operasi berjalan tidak dilaporkan dalam bagian aktiva lancar. Secara umum, aturannya adalah bahwa jika suatu aktiva akan dirubah menjadi kas atau digunakan untuk membayar kewajiban lancar dalam satu tahun atau satu siklus operasi, mana yang lebih panjang, maka aktiva ini diklasifikasikan sebagai aktiva lancar. Persyaratan ini memiliki pengecualian, investasi saham biasa dapat diklasifikasikan baik sebagai aktiva lancar maupun aktiva tidak lancar tergantung pada niat manajemen. Jika sebuah perusahaan memiliki sejumlah kecil saham biasa atau obligasi yang akan dipegang untuk jangka waktu yang lama, maka hal ini tidak boleh diklasifikasikan sebaga aktiva lancar.
Kas umumnya dianggap terdiri dari mata uang dan giro (Uang tersedia pada permintaan di lembaga keuangan). Setara kas adalah investasi jangka pendek dan sangat likuid yang akan jatuh tempo dalam waktu tiga bulan atau kurang. Sebagian besar perusahaan menggunakan istilah  'kas dan setara kas', dan mereka menunjukkan bahwa jumlah ini mendekati nilai wajarnya. 
Investasi jangka pendek : Sekuritas perdagangan (apakah itu hutang atau ekuitas) harus dilaporkan sebagai aktiva  lancar. Semua sekuritas perdagangan dan yang tersedia untuk dijual akan dilaporkan pada nilai  wajar. 
Setiap kerugian yang diantisipasi akibat piutang tak tertagih, jumlah dan sifat dari setiap piutang non-dagang. Piutang adalah Suatu aktiva yang timbul karena perusahaan menjual barangnya atau memberikan jasanya kepada para pelanggan dan menerima janji bahwa pelanggan akan memberikan sejumlah uang kepada perusahaan pada suatu waktu dimasa yang akan datang 
Persedianan, Definisi persediaan menurut IAS 2 tersebut di atas tidak berbeda dengan definisi persediaan menurut US GAAP, sebagaimana dikutip oleh Kieso (2007) sebagai berikut:
Inventories are asset items held for sale in the ordinary course of business or goods that will be used or consumed in the production of goods to be sold.
Untuk menyajikan persediaan secara tepat, dasar penilaian (yaitu mana yang terendah antara biaya atau harga pasar/ nilai bersih realisasi) dan menggunakan asumsi metode penetapan harga (FIFO atau rata-rata) dan tidak anjurkan menggunakan metode LIFO 
Beban dibayar di muka yang termasuk dalam aktiva lancar adalah pengeluaran yang telah dilakukan untuk manfaat (biasanya jasa) yang akan diterima dalam satu tahun atau satu siklus operasi, tergantung mana yang lebih lama.  Pos-pos ini merupakan aktiva lancar karena juika hal itu belum dibayar, maka perlu digunakan kas selama tahun berjalan. 
Aktiva lancar adalah kas dan aset perusahaan lainnya mengharapkan untuk mengkonversi ke uang tunai, menjual atau mengkonsumsi baik dalam satu tahun siklus operasi, mana yang lebih lama. aktiva tidak lancar adalah mereka tidak memenuhi definisi aktiva lancar.  
Investasi jangka panjang, yang sering disebut investasi saja, biasanya terdiri dari satu di antara empat jenis investasi berikut :  
- Investasi dalam sekuritas, seperti obligasi, saham biasa atau wesel jangka panjang. 
- Investasi dalam aktiva tetap berwujud,nyang saat ini tidakdigunakan dalam operasi, seperti tanah yang ditahan untuk spekulasi.
- Investasi yang disisihkandalam dana khusus, seperti dana pelunasan, dana pensiun atau dana ekspansi pabrik
- Investasi dalam anak perusahaan atau afiliasi yang tidak dikonsolidasikan

Aktiva tidak berwujud tidak memiliki substansi fisik dan biasanya mempunyai tingat ketidakpastian yang tinggi berkenaan dengan manfaat masa depan. Aktiva tidak berwujud meliputi paten, hak cipta, waraaba, good will, merek dagang, nama dagang.

Aktiva Lainnya : Pos-pos yang dicantumkan dalam kelompok aktiva lainnya sangat bervariasi dalam kelompok.  Beberapa yang termasuk barang-barang seperti jangka panjang biaya dibayar di muka dan piutang tidak lancar. Item lain yang mungkin disertakan adalah aset dalam dana khusus, properti dimiliki untuk dijual, dan kas atau sekuritas

Ekuitas adalah hak residual atas aktiva perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban. 
Kewajiban tidak lancar adalah kewajiban tidak memadai  untuk melikuidasi dalam satu tahun atau dalam siklus operasi normal. Sebaliknya, mereka mengharapkan untuk membayar pada tanggal di luar waktu yang ditentukan. Contoh yang paling umum adalah hutang obligasi, beberapa jumlah penghasilan tangguhan pajak, kewajiban sewa dan kewajiban pensiun. 
Kewajiban lancar adalah kewajiban bahwa perusahaan pada umumnya mengharapkan untuk melikuidasi dalam siklus operasi normal atau dalam satu tahun.

 Format Laporan Posisi Keuangan
IFRS tidak menentukan urutan atau format di mana perusahaan menyajikan item dalam laporan posisi keuangan. Dengan demikian, beberapa perusahaan menyajikan aset yang pertama, diikuti oleh ekuitas, dan dari kewajiban. Perusahaan lain melaporkan aktiva lancar pertama di bagian aset, dan kewajiban lancar pertama di bagian kewajiban. banyak perusahaan melaporkan pos-pos seperti piutang dan aktiva tetap dan kemudian mengungkapkan informasi tambahan yang terkait dengan akun kontra dalam catatan.

 


DAFTAR PUSTAKA

Kieso, Weygandt, dan Warfield. 2011. Intermediate Accounting IFRS Edision. Volume Pertama. United States of America: Wilay

3 komentar:

bagus sekali sangat bermanfaat

Peralatan masuk aset tetap gk gan?

masuk, Karena pemakaiannya lebih dari 1 thn.

Posting Komentar